10 Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh

Posted by Unknown Selasa, 22 Oktober 2013 0 komentar
10 Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh | Belimbing wuluh adalah tumbuhan yg termasuk suku Oxalidaceae. Beberapa bagian Belimbing Wuluh yang dapat digunakan sebagai obat-obatan adalah daun, bunga, dan yang pasti buahnya.

Berikut adalah beberapa manfaat belimbing wuluh yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya :
  1. Mengobati sariawan dan sakit tenggorokan, ambil bunga belimbing wuluh segar satu genggam dicuci, Gula jawa secukupnya saja, dan Air 1/4 cangkir. Lalu rebus selama beberapa menit sampai mengental. Saring dan ambil airnya, Diminum sehari 2 kali pagi dan sore/1-2 sendok makan
  2. Mengobati batuk secara alami, yaitu dengan meminum perasan dari air belimbing wuluh. Caranya hampir sama hanya saja air rebusannya ditambahkan butir adas. Diminum 2 kali sehari pagi dan sore saat perut kosong.
  3. Mampu mengobati penyakit diabetes, yaitu dengan ambil 6 buah belimbing wuluh lalu haluskan kemudian direbus dengan segelas air putih hingga air mejadi separuhnya. Saring air hasil rebusan tersebut, ambil airnya dan seperti biasa minum dua kali sehari.
  4. Mampu mengobati sakit gigi. Untuk mengobati sakit gigi ambil 5 buah belimbing wuluh segar tumbuk halus lalu tambahkan sedikit garam, kunyah sampai baberapa kali sampai rasa sakitnya hilang. Namun cara ini tidak dianjurkan bagi penderita maag.
  5. Sebagai obat Gondokan. Untuk mengobati Gondokan, ambil segenggam bunga belimbing wuluh seperti biasa tumbuk halus dan tambahkan 3 siung bawang putih, lalu kompreskan pada bagian yang gondokan.
  6. Mengobati penyakit Rematik. Adapun bahan obatnya yaitu 100 gr daun blimbing wuluh yang masih ranum, 10 biji cengkeh, dan 15 biji merica. Tumbuk halus semuanya dan tambahkan sedikit cuka sampai adonan menjadi seperti bubur. Ambil adonan tersebut dan oleskan pada bagian tubuh yang sakit 2-3 kali sehari.
  7. Obat penyakit Darah Tinggi. Untuk mengobati darah tinggi buah belimbing wuluh ini bisa langsung dikonsumsi. Namun karena rasanya yang sangat masam, banyak orang yang tidak tahan untuk memakannya secara langsung. Atau dengan cara dibuat minuman, ambil 3 buah belimbing wuluh potong-potong menjadi kecil, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 gelas saja. Setelah dingin, saring dan diminum setelah makan pagi.
  8. Mengobati Kencing manis, ambil daun belimbing wuluh segar 20 gram dan tambahkan air secukupnya, rebus sampai air menyusut separuhnya, kemudian disaring, air hasil saringan diminum 2 kali sehari pagi dan sore 1.4 cangkir.
  9. Mengobati Jerawat, ambil buah belimbing wuluh secukupnya, cuci sampai bersih kemudian tumbuklah sampai halus, campur dengan sedikit air garam (secukupnya saja), lalu gosokkan pada bagian yang berjerawat. Lakukan 3 kali sehari.
  10. Mengobati Panu. Untuk mengobati panu siapkan 10 belimbing wuluh segar, cuci sampai bersih dan tumbuk halus, tambahkan kapur sirih sebesar biji asam, lalu gosokkan ramuan ini pada kulit yang terserang panu. Lakukan 2 kali sehari.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu dan menambah wawasan anda tentang herbal.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 10 Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tipssehat-herbal.blogspot.com/2013/10/10-manfaat-dan-khasiat-belimbing-wuluh.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogrol

Copyright of Tips Sehat dan Herbal.