1000 Manfaat Dauh Sirih

Posted by Unknown Jumat, 25 Oktober 2013 0 komentar
1000 Manfaat Dauh Sirih | Seperti yang kita ketahui daun sirih merupakan tumbuhan herbal yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Daun sirih dapat kita jumpai dengan mudah di Indonesia. Namun masih sedikit orang yang mengetahui berbagai khasiat dari daun sirih sebagai obat herbal.
Menurut penelitian Daun sirih diedakan menjadi 2 yaitu daun sirih merah dan daun sirih hijau. Dan diantara keduannya, daun sirih merahlah yang memiliki khasiat lebih banyak.
Apa sajakah manfaat dari daun sirih? Berikut berbagai manfaat daun sirih dan cara penggunaanya.
  
1.      Mengobati mimisan. Ini merupakan manfaat dari daun sirih yang populer di masyarakat kita dari jaman dulu. Penggunaanya pun sangat mudah cukup gulung selembar daun sirih lalu sumbatkan pada hidung yang mimisan untuk menghambat darah mengalir berlebih. 

2.      Mengobati sakit gigi. walaupun bukan penyakit yang berbahaya, namun bagi yang sedang mengalami akan terasa sangat menyiksa apalagi bila tak kunjung sebuh. Nah untuk mengobati sakit gigi  caranya adalah ambil 2 lembar daun sirih terserah boleh yang hijau  boleh yang merah, lalu rebus selama 2 menit. Gunakan air hasil rebusan untuk berkumur-kumur, lakukan beberapa kali sampai sakitnya hilang.

3.   Mengobati Bronchitis. Untuk mengobati bronchitis cukup ambil satu lembar daun sirih lalu potong menjadi 7 atau 8 lembar.  Rebus daun sirih dengan 2 gelas air selama beberapa menit, kemudian ambil airnya konsumsi 3  kali sehari masing-masing 4 sendok makan.

4.      Mengobati Keputihan. Untuk keputihan sebenarnya sudah banyak obat herbal dari bahan sirih yang dijual dalam kemasan praktis. Tapi biasanya produk yang beredar telah tercampur dengan bahan-bahan kimia. Namun anda tidak perlu khawatir kita pun mampu membuat racikannya secara tradisional. Untuk membuat ramuan obat keputihan ambil 5-7 lembar daun sirih (diutamakan sirih merah), cuci sampai bersih lalu di rebus selama beberapa menit. Gunakan air hasil rebusan untuk membersihkan daerah intim kewanitaan anda. Lakukan rutin setiap hari sampai terliha hasilnya. 

5.      Mengobati Batuk. Sebenarnya batuk bukan penyakit yang berbahaya, namun jika dibiarkan akan sangat mengganggu aktivitas anda. Banyak sekali produk obat batuk yang dapat kita jumpai di apotek, tetapi kita kadang tidak menyadari kandungan zat kimia dari obat tersebut bahkan obat herbal sekalipun. Berapapun jumlahnya zat kimia pasti memiliki efek samping bagi penggunanya. Jadi saya mengajak anda menggunakan ramuan tradisional yang dari daun sirih.
Cara penggunaannya, siapkan sirih sebnyak 7 sampai 10 lembar lalu cuci sampai bersih, kemudian tambahkan air sebanyak 800ml dan gula secukupnya. Rebus selama beberapa menit, dan minum ramuan ini setiap hari. 

6.  Mengobati Diabetes. Untuk diabetes, ambil daun sirih merah secukupnya, rebus dengan air, kemudian ambil air hasil rebusan tadi. Konsumsi setiap hari, dan ramuan tradisional ini akan menurunkan kadar gula dalam darah sampai pada tingkat normal. 

7.  Menghilangkan bau badan. Selain mampu mengobati beberapa penyakit sirih juga dapat menghilangkan bau badan, karena sirih mengandung bahan yang bersifat antiseptic. Cara penggunaannya, ambi 2-3 lembar sirih, lalu rendam dala ½ gelas air panas sampai air menjadi hangat, kemudian ambil sirihnya dan minun airnya. 

8.      Mengobati luka bakar. Caranya sangat mudah, cukup ambil daun sirih, lalu dilayukan, setelah itu tempelkan pada luka.

Sekian artikel tentang 1000 manfaat dauh sirih, mudah-mudahan bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 1000 Manfaat Dauh Sirih
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tipssehat-herbal.blogspot.com/2013/10/1000-manfaat-dauh-sirih.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogrol

Copyright of Tips Sehat dan Herbal.